Popular Posts

Tuesday 12 October 2010

INDONESIA FLAS BACK

PENDAHULUAN
Puji syukur kita hautrkan kepada Tuha Yang Maha Esa yang telah memberikan nikmat dan taufieqnya kepada kita semua . Amien.
Sholawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada nabi agung Muhammad SAW yang senantiasa memberikan pencerahan kepada umat manusia mengenai hal yang terbaik dalam kehidupan untuk menuju kemaslahatan sejati.
sebagai nak bangsa yang selalu menginginkan bangsa semakin baik adalah sebuah cita-cita yang luhur, terkait kondisi bangsa yang pada akhir akhir ini semakin terpuruk oleh fenomena-fenomena baik yang disebabkan oleh fenomena alam maupun aspek manusianya itu sendiri.Banyaknya terjadi bancana alam, baik tanah longsor, kecelakaan pada sistem transportasi da lain sebagainya menjadikan sebab renungan dan perencanaan kedepan untuk lebih baik agar kemaslahatan bangsa segera dirasakan oleh seluruh rakyat indonesia.
adanya bencana banjir yang selalu menjadi mmok yang mengerikan oleh warga jakarta, longsor yang dikarenakan telah gundulnya pepohonan di pegunungan kita, sulitnya mendapatkan mata air yang bersih adalah juga menjadi fenomena yang segera kita selesaikan. mungkinkah ini dikarenakan sebuah takdir yang harus kita terima ataukah ini merupakan sebuah hukum kausalitas dari apa yang telah dilakukan oleh manusia itu sendiri.
dalam al-quran dijelaskan " bahwa kerusakan yang ada di daratan dan laut itu karena disebabkan oleh ulah manusia itu sendiri". melihat dari ayat ini, maka sudah jelas jika fenomena yang terjadi sekarang ini tidaklah lain merupakan hukum kausalitas dari apa yang telah dilakukan oleh manusia itu sendiri.
dari kajian ini, bahwa pada dasarnya asal muasal mengapa manusia diciptakan adalah agar manusia bisa majaga dan melestarikan alam. manusia diciptakan oleh tuhan yang dilihat dari unsur sosial sebagai kholifatul fil ardhi sehingga manusia itu disebut sebagai makhluk sosial makhluk yang tak bisa lepas dari manuia yang lain. sikap saling menghormati, saling menghargai, saling membantu adalah tuntutan bersama yang harus likakukan dalam kehidupan sehari-harinya.
bersambung...............................

No comments:

Post a Comment