Popular Posts

Saturday 9 October 2010

PERAN PONDOK PESANTREN DALAM MEMBANGUN BANGSA

Salam pembaca,
Puji syukur kita haturka kepada tuhan yang maha esa, sholawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada baginda nabi agung muhammad s.a.w, seorang revolusioner (pembaharu) yang mampu merubah tatanan jahiliyyah menuju sebuah tatanan masyarakat yang mengenal adanya hak-hak dan nilai-nilai toleransi dan pluralisme.
Pondok pesantren dalah lembaga pendidikan agama yang telah berdiri sangat lama sekali di negara kesatuan indonesia. Pondok pesantren sudah mulai berdiri setelah munculnya para saudagar islam yang berdagang di indonesia pada abad ke - 13. Hal ini tercermin dengan bukti sejarah yang mungkin tidak banyak orang yang mengakajinya.
Perjalanan pondok pesantren ini berjalan secara sederhana. Hal ini dikarenakan oleh faktor pendiri pondok pesantren yang mempunyai sebuah niatan baik dalam rangka membentuk moral anak bangsa bukan pada menempatkan pondok pesantren sebagai lembaga untuk dikomersilkan. Berbeda pada lembaga pendidikan formal, yang bisa kita lihat sekarang ini. Lembaga pendidikan dijadikan ladang untuk bagaiman oleh pengelolanya dijadikan jalan untuk mencari uang. Dengan demikian maka akan berimbas pada sebuah hasil yang aakan dicapai. Tidak mustahil, anak bangsa tidak mampu menyerap nilai-nilai moral yang baik, anak bangsa yang mampu mengedepankan bangsa ini dan masyarakat secara luas tetapi lebih mengedepankan kepada kepentingan pribadinya.
Dlam pondok pesantren, mengajarkan keseimbangan antara tiga elemen penting dalam diri manusia. Pertama, intelektual question. Dalam pondok pesantren kecerdasan aanak didik diuji dengn berbagai kajian dengan refrensi yang baik dan benar. Hal ini bukan dalam masalah agama tok melainkan mencangkup pada masalah dunia.
bersambung..................

No comments:

Post a Comment