Popular Posts

Saturday 9 October 2010

HILANGNYA KEMANDIRIAN BANGSA

salam pembaca,
bangsa indonesia adalah bangsa yang hebat. hal ini terbukti dengan adanya kader-kader bangsa yang bisa dianggap militan untuk perjuangan bangsa ini. seperti sosok seorang sukarno. dia adalah sosok pendekar bangsa yang mampu membewa perubahan bangsa ini kearah yang lebih baik. sosok abdurahman wahid yang kerap dipanggil dengan sebutan gusdur. beliau juga mampu memberkan warna bangsa ini dengan penuh nilai-nilai pluralisme di negara yang multikultural ini.sosok keder bangsa ini dengan niatan yang baik memperjuangkan bangsa menuju bangsa yang mandiri yang nantinya akan terbentuk masyarakat madani dengan semboyan baldatun thoyibatun worobbun ghofur.
tetapi yang sangat disayangkan, yakni kenyataan sekarang ini dimana para tokoh kader bangsa ini hanya bisa berharap pada generasi bangsa untuk melanjutkan perjuangan mereka, kini tidak ada satupun yang mampu memegang amanat ini. hal ini terbukti dengan apa yang terjadi di bangsa indonesia, bangsa yang dapat dikatakan bangsa yang serba ada.
ternyata bangsa ini tidak mampu menentukan arah untuk kemana kita akan melangkah. mungkinkah ini semua dikarenakan lamanya penjajahan di negeri ini sehingga masih terniang dalam pemikiran mereka sebuah ketakutan untuk melangkah kedepan dengan lebih baik, mungkinkah ini karena para pemimpin kita yang pada dasarnya mempunyai peran yang strategis dalam menentukan sebuah formulasi baru, tetapi masih belum selesai pada persoalan privasinya. mungkinkah minimnya pendidikan anak bangsa yang disebabkan mahalnya biaya pendidikan, atau ada apa dengan semua yang terjadi di bangsa indonesia ini.
setelah diproklamirkan bangsa indonesia pada tanggal 17 agustus 1954, seharusnya bangsa ini mampu berdiri sendiri dengan segala potensi sumber daya alam yang terkandung didalamnya. dalam hal ini bukan berarti kita mengesampingkan adanya kerja sama dengan bangsa bangsa lain. banyaknya sumber daya alam yang tidak mampu kita kelola justru dikelola oleh pihak asing sehingga hasilnya tidak secara optimal mampu untuk membangun bangsa ini. 
bangsa ini seharusnya sudah pada level yang tidak pada kenyataan pada hari ini. bangsa yang bisa tersenyum manis dengan besarnya rasa syukur kepada tuhan yang telah memberikan nikmat begitu besar berupa sumber daya alam yang begitu kaya, indahnya panorama alam lengkap dengan flora dan fauna nya. tetapi itu masih dalam sebuah impian yang  tidak tau kapan akan terwujud
hal yang perlu dilakukan oleh bangsa ini adalah bagaimana kita bisa bertindak secara mandiri dalam segala hal. dalam aspek pendidikan, aspek industri, aspek kebudayaan dan banyak aspek yang lain. sebagia contoh, berapa banyak sumber daya alam yang belum mampu bangsa ini untuk di kelola sendiri.  jika hal ini telah selesai dalam arti semua kekayaan alam telah dapat kita kelola dengan maksimal, tidaklah mustahil bangsa ini aka menjadi besar lazimnya  negara amerika serikat yang pada hari ini menjadi kiblat negara negara dalam aspek teknologi.
atas dasar mengapa kita tidak mampu mengelola sumber daya yang ada adalah dikarenakan aspek pendidikan dan aspek teknologi kita yang masih kurang. dunia pendidikan sekarang belum mampu menerobos pada level tersebut. bahkan, pendidikan di negara kita tidak sepertinya sbagai lahan bisnis yang hanya dikomersilkan oleh para pemegangnya. hal ini terbentuk karena kurangnya kesadaran bersama bahwa nilai nilai pendidikan itu bukanlah hanya selesi pada sebuah pencapai uang tetapi pada taraf bagaimana aakbangsa ini mampu menjadi kholifatul fil ardhi yang sebenarnya.
bersambung .....................

No comments:

Post a Comment